100% Cinta Indonesia
100% Cinta Indonesia adalah kampanye untuk mempromosikan merek dan produk Indonesia
yang diluncurkan tahun 2009. Meskipun pada awalnya kampanye ini awalnya
bertujuan untuk meningkatkan kesadaran konsumen Indonesia dan
mempromosikan produk dan merek Indonesia, pada perkembangannya kampanye
ini tumbuh menjadi gerakan sosial masyarakat untuk menumbuhkan apresiasi
dan rasa cinta kepada segala hal mengenai Indonesia, bukan hanya merek
atau produk, tetapi termasuk makanan, kesenian, kerajinan tangan dan
seni kriya, serta budaya Indonesia baik budaya tradisional maupun
populer, serta banyak aspek mengenai Indonesia.
Sejarah
Kampanye ini diprakarsai oleh Kementerian Perdagangan Republik
Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia,
bertujuan untuk mengubah pandangan rakyat Indonesia yang selama ini
menganggap produk impor berkualitas lebih baik daripada produk
Indonesia.[1] Kampanye "Cinta Indonesia" dan peluncuran logo ”100% Cinta Indonesia” diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan pameran kerajinan Inacraft di Jakarta Convention Center, Rabu, 22 April 2009.[2]
Menurut presiden kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi
dan kebanggaan menggunakan produk buatan Indonesia. Segala perusahaan,
produk, dan merek dalam negeri didorong partisipasinya untuk
mencantumkan logo ”100% Cinta Indonesia” pada kemasan porduknya, iklan
atau materi promosi. Logo ini bebas digunakan oleh berbagai perusahaan
atau pribadi Indonesia, meskipun berasal dan milik pemerintah Indonesia,
logo ini dianggap sebagai ranah publik.
Makna "100% Cinta Indonesia" campaign logo:[3]
Logo dan Slogan
- Warna-warni yang ada pada logo merepresentasikan warna dari laut dan bumi Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Warna merah putih mewakili bendera Indonesia. Merah berarti berani dan putih berarti suci.
- Warna-warni yang ada pada logo juga merefleksikan keragaman kreatifitas bangsa Indonesia. Bayangkan betapa warna-warninya isi hidup kita. Ia mengingatkan betapa kayanya kita. Betapa kuatnya kreativitas kita.
- Mengapa hurufnya seolah ‘terpotong'? Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas bangsa Indonesia mampu ‘tampil' melampaui batas. Ia peng-iya-an... juga ekspresi tekad bersama dan dukungan kepada sesama dalam kesadaran kolektif membangun identitas Indonesia sebagai Bangsa Kreatif.
- Logo ini memiliki makna yang mudah dimengerti oleh berbagai bangsa. Logo ini adalah penunjuk, pengingat dan penyadar bahwa kita pantas maju sebagai Bangsa Kreatif.
- Makna ACI Untuk Dunia Internasional: Kami ingin menyatakan pada dunia bahwa karya rupa cipta Indonesia dibuat dengan seratus persen cinta kami sebagai orang Indonesia. Apa yang dibeli, apa yang dikenakan, apa yang dinikmati, apa yang dipajang... Adalah refleksi diri dari rasa menghargai budaya, paham pakem tradisi dan tentunya bukti cinta tanpa syarat kepada tanah air. Semua 'jadi' atas nama cinta, yang akan abadi.
- Makna ACI Untuk Domestik: Ekspresi tekad bersama dan dukungan kepada sesama dalam kesadaran kolektif membangun identitas Indonesia sebagai bangsa kreatif. Cinta kami seratus persen pada Indonesia hadir absolut tanpa tanda tanya. Semua tergambar jelas ketika kami memakai, mencecap, menggenggam, mencipta... apa lagi yang harus diragukan. Di hati kami hanya ada indonesia.
kereeen niiiiiiiich blognya Yohaa,,, wkekekek
BalasHapusitu Model Pak SBY dapet dimanaa???
:P :D :) ;)
Cah_solotigo
hahahaha......asli iku ommm....jiahh..jiahhh....
Hapusmksh2 :)))
MERDEKA. .
BalasHapussipp Yo,100% Cinta Indonesia
kalau bukan kita Anak Negri ini siapa lagi !!!!
dukung terus produk asli Indonesia dan Di hati kami hanya ada indonesia.
MERDEKA... keep love Indonesia.......SETUJU..
Hapusmksh2>>
:)))))
yak sebagai anak bangsa kita harus cinta produk bangsa kita sendiri.
BalasHapuskita juga harus menggunakan produk2 bangsa kita.
kita juga tunjukan kreativitas bangsa kepada Dunia....
betul2...
Hapusmksh2..:)
Cinta produk indonesia harus diimbangi dengan kualitas mutu dan harga
BalasHapusbetullll........meningkatkan kualitas sangat penting...setujuuu...
Hapus:)